Kamis, 26 September 2019

Review ala Sorangan: K-Drama "Voice 3"



Halooo!! Seperti janjiku, aku kembali dengan membawakan review Voice 3! Voice 3 lanjutan dari Voice 2. Ceritanya lebih dalam dengan psikopat yang baru.

Voice 3 nih... punya love-hate relationship sama aku. Aku suka banget ceritanya, tapi aku juga benci karena tokoh kesukaanku matek! :((

Voice 3 terdiri dari 16 episode. Tayang di OCN dari tanggal 11 May 2019 sampai 30 Juni 2019.

Voice 3 masih bercerita di sekitar emergency call 112 Golden Time Team. Hanya saja Golden Time Team menyelidiki penjahat internasional yang menjual potongan tubuh manusia di Dark Web.

Bang Je Soo juga terlibat dengan kelompok penjahat itu. Di Voice 2, Bang Je Soo selalu memotong anggota tubuh korbannya. Nah, potongan tubuh itu ada yang dijual di Dark Web tersebut. Psikopat main villain Voice 3 itu semacam "atasan"nya Bang Je Soo.

Golden Time Team tidak mengalami banyak perubahan. Hanya Kang Kwon Joo agak kurang sehat dan masih direhabilitasi. Telinganya sering berdenging akibat ia kena ledakan bom saat episode terakhir Voice 2. Selain itu, Do Kang Woo jadi semakin feral. Penyakitnya semakin parah dan makin sulit mengendalikan diri. Beberapa kali dia hampir membunuh penjahat yang ia tangkap. Untungnya teman-temannya menghentikan dia.

Do Kang Woo selalu menghindar dari Golden Time Team. Tetapi para anggota Golden Time Team dan Pimpinan Violence Crime, Na Hong Soo selalu menahannya agar tetap berada di Golden Time Team. Apalagi Do Kang Woo memiliki petunjuk soal Wire Shun yang diduga sebagai pemilik sekaligus pemimpin website penjual anggota tubuh.

Cerita filler di Voice 3 lebih berat dibanding season sebelumnya. Writer-nya juga menggunakan filler untuk mengenal lebih jauh anggota Golden Time Team dan mempererat bond diantara mereka. Jumlah filler lebih sedikit dari seri sebelumnya mungkin karena main story-nya jauh lebih berat dan panjang dari sebelumnya.

Main story ditulis secara apik. Sama sekali tidak ada plot hole. Walaupun panjang dan berat, sama sekali tidak membosankan. Semua puzzle-puzzle yang muncul, terjawab semua tanpa sisa.

Voice 3 punya psikopat baru. Namanya Wire Shun alias Kaneki Masayuki. Kebiasaannya adalah membuka tutup pematik sehingga menimbulkan suara dua metal yang bertemu. Kang Kwon Joo melacak Kaneki berdasarkan suara pematik.


Dia lebih parah dari psikopat di season sebelumnya. Kaneki adalah seorang aktivis HAM. Bayangin, AKTIVIS HAM MEMBUNUH ORANG LAIN TRUS DIMUTILASI TRUS ANGGOTA TUBUHNYA DIJUAL???? GILA GAK TUH??!!

Plot twistnya.... dia adalah kakak kandungnya Do Kang Woo!!! AAAAAAAAAHHH!! Dia juga punya penyakit psikopat yang sama dengan Do Kang Woo, makanya dia ngebunuh banyak orang.

Pasti kalian sadar kalau nama psikopatnya bukan nama orang Korea. Main case ini memang lokasinya ada di 2 negara, yaitu Korea Selatan dan Jepang.

Episode awal bertempat di Jepang. Nah, bagian ini yang mau aku komentarin...

SEMUA PEMAIN YANG PERANNYA ORANG JEPANG, BAHASA JEPANGNYA LOGAT KOREA!!!!!!

Walaupun ceritanya di Jepang, tapi cast-nya tetap artis Korea, makanya bahasa Jepangnya logat Korea semua. Aduh ngakak banget lah!! XD
Bahkan, polisi Jepangnya juga pake logat Korea XD

Btw, aku suka polisi Jepangnya, Detektif Ryoji.


Lucu banget kaaaaannnn????? //diam
Aku suka banget smug dan sifat sombongnya. Dia meremehkan polisi Korea. Uh! Sayang banget dia cuma muncul di filler case awal. Padahal, main story-nya menyelidiki kasus internasional antara Jepang dan Korea Selatan, tapi dia cuma muncul sekali udah gitu cuma filler. Padahal dia benci banget Do Kang Woo dan berusaha mencari sisi jeleknya. Sayang banget memang.

Golden Time Team makin kompak bareng Divisi Violence Crime karena pimpinan Violence Crime, Chief Na Hong Soo, mau bekerja sama dengan Golden Time Team. Rasa bencinya pada Do Kang Woo benar-benar menghilang setelah mengetahui bahwa Do Kang Woo tidak bersalah. Bahkan, Chief Na selalu mencari tahu masalah penyakit yang dihadapi Do Kang Woo dan berusaha mencari solusinya. Dia juga satu-satunya yang masih mempercayai Do Kang Woo walaupun Kang Kwon Joo meragukannya. Benar-benar tokoh yang punya character development yang bagus.

Tapi sayangnya...


IYAAA!!!! BELIAU TEWAS!!!!!!! MATEK!!!!! DIBUNUH ANAK BUAHNYA KANEKI!! AAAAAAAAAAAAAAA :'''((
Aku suka Chief Na karena character development-nya bagus banget. Tapi... Tapi malah.... *nangis*. Bahkan Kang Kwon Joo aja sampai pingsan pas lihat Chief Na tewas. Aku juga //GAK

Oke.

Selain hubungan antara Do Kang Woo dan Chief Na yang semakin baik, hubungan Do Kang Woo dan Kang Kwon Joo juga membaik. Do Kang Woo makin perhatian sama Kang Kwon Joo. Sempat khawatir sama keadaan Kang Kwon Joo yang telinganya sakit. Soft banget hubungan mereka. Tapi tetap tak ada romance! Agent Park dan Agent Jin juga masih kode-kodean.

Sama seperti Voice 2, Voice 3 juga ada iklan sponsor numpang lewat selama cerita. Tapi gak terlalu mengganggu, masih bisa ditoleransi.

Menurutku, plot cerita Voice 2 + Voice 3 jauh lebih baik dibanding Voice 1. Mungkin karena banyak puzzle yang harus terjawab dan plotnya lebih dalam.

Oh, ya, ada hal yang aku pikirkan selama nonton Voice 3.

 
LEE JIN WOOK MIRIP BAMS SAMSONS!!!! //DIAM

You can't change my mind!

Ending ceritanya nyesek banget sih. Tapi aku masih ga paham kenapa Bang Je Soo membunuh Do Kang Woo. Apa karena dia sudah di-brainwashed Kaneki supaya membenci Do Kang Woo? Atau alasan lain? Well, kalau itu sih harus cari teori-teori.

Walaupun nyesek, tapi lumayan memuaskan. Kaneki tewas saat ditangkap Do Kang Woo. Kang Kwon Joo yang diculik Kaneki selamat dan kondisi telinganya semakin membaik.

Banyak yang pengen ada season 4 untuk menjawab soal Bang Je Soo yang membunuh Do Kang Woo. Tapi menurutku gak perlu sih. Lebih enak kalau alasan Bang Je Soo membunuh Do Kang Woo diserahkan pada teori-teori dari penonton. Terkadang lebih menarik kalau seperti itu. Jangan jadi penonton yang manja.

Kayaknya sudah bacot banyak nih. Langsung saja deh ke rate-nya. Aku mau kasih rate 8/10. Tadinya mau 10/10, tapi aku kurangi karena Chief Na mati :(.
Aku suka Chief Na!!!

Baiklah, segini saja fangirl scream dariku. Harap jangan marah kalau kamu tidak setuju dengan semua yang aku tulis. Ini cuma cuap-cuapku soal Voice 3.

Okay, then! Until next time~!

6 komentar:

  1. wow sangat bagus reviewny , jdi pengen ngarepin season 4 ny ada wkwk

    BalasHapus
  2. Akhirnya ak beraniin nonton season 3 nya krn udh ada kabar bakal ada voice season 4 wkwkwk
    Thanks reviewnyaaaa

    BalasHapus
  3. Kematian kangwoo masih janggal banget buat aku ..
    Apa iya yg nembak Bang Jesoo yg nyamar jadi Swat? Wah gilasih kalo beneran dia 🤦
    Btw ga sabar nonton season 4

    BalasHapus
  4. Btw tau nya dr mana klo yg nembak Kang woo itu Bang Je so? Kyknya soal senapan di epilog blm brarti dia yg bunuh Kang woo deh.. msh ad yg blm terjawab soal alasan knp Kaneki bunuh istrinya sndiri (Yukiko) ap krn Yukiko sadar lukisannya dipake di dark web ?

    BalasHapus